Sistem Pemerintahan Indonesia dari Masa ke Masa


Dalam kehidupan berbangsa diperlukan suatu sistem pemerintahan yang solid. Sistem Pemerintahan mutlak diperlukan agar roda pemerintahan terus berputar. Suatu sistem pemerintahan yang diterapkan disebuah negara memiliki sistem dan tujuan untuk menjaga kestabilan di dalam maupun luar negara tersebut.

Illustrasi Sistem Pemerintahan Indonesia dari Masa ke Masa


Dalam lingkup yang lebih luas, Sistem Pemerintahan diperlukan agar terjaganya kestabilan didalam masyarakat, mengatur tingkah laku serta kehidupan bernegara antar kaum mayoritas dengan minoritas, menjaga harmonisasi kehidupan berbangsa dan bernegara, menguatkan pondasi pemerintahan, kekuatan politik, pertahanan, ekonomi, keamanan dan kesejahteraan serta keadilan dalam masyarakat.

Indonesia merdeka tanggal 17 bulan Agustus tahun 1945 (baca: Sistem Pemerintahan Indonesia di Awal Kemerdekaan). Setelah proklamasi dikumandangkan oleh bapak proklamator kita, Indonesia mengalami babak yang baru di berbagai bidang dengan perubahan yang cukup siginifikasan baik perubahan asas, paham, ideologi, maupun doktrin dalam kehidupan berbangsa.

Didalam sejarah perjalanan politik, Indonesia telah mengalami berbagai pergantian sistem pemerintahan. Pergantian Sistem Pemerintahan. Pergantian tersebut disebabkan karena munculnya aksi dan reaksi dari kebijakan pemerintah terhadap rakyatnya.

Secara garis besar, perubahan sistem pemerintahan Indoensia dapat dibagi menjadi 3 masa, yaitu masa Orde Lama (Sukarno), Orde Baru (Suharto), dan Masa Reformasi (sekarang, baca : Sistem Pemerintahan Indonesia Sekarang).

Sistem Pemerintahan Indonesia - Masa Orde Lama (Sukarno)
Sukarno Presiden Indonesia Pertama
Foto : Sukarno
Masa Pemerintahan Indonesia Orde lama berjalan sekitar 23 tahun yaitu dari tahun 1945-1968 dibawah kepemimpinan sang proklamator Presiden Sukarno. Penyebutan "Orde Lama" merupakan istilah yang diciptakan dibawah rezim Suharto yaitu masa Orde Baru.

Padahal Sukarno sendiri tidak suka dengan sebutan "Orde Lama". Karena memang, tidak sepantasnya disebut Orde Lama. Karena di masa itu terjadi transformasi besar-besaran di Indonesia dari masa penjajahan ke masa kemerdekaan. Dan Sukarnopun lebih suka dengan istilah "Orde Revolusi" daripada "Orde Lama".

Selama dibawah pemerintahan Sukarno, Indonesia menerapkan Sistem Ekonomi bergantian dari sistem ekonomi liberal kemudian diganti menggunakan sistem ekonomi komando. Sistem ekonomi liberal diterapkan saat Sistem Pemerintahan Parlementer diterapkan di Indonesia.

Tanggal 18 Agustus 1945, Indonesia mengesahkan UUD 1945 sebagai dasar negara yang bersumber dari Pancasila. Didalam UUD 1945 sebenarnya sudah terpampang jelas bahwa Indonesia Menggunakan Sistem Pemerintahan Presidensial. Namun baru tiga bulan, terjadi penyimpangan terhadap UUD 1945.

Penyimpangan tersebut dilakukan oleh Sutan Syahrir setelah dia membentuk kabinet parlementer dengan Sutan Syahrir sebagai Perdana Menterinya. Karena pada saat itu pengaruh Belanda masih sangat kental.

Dalam masa tersebut Indonesia telah menggunakan beberapa konstitusi, seperti Undang-Undang Dasar Sementara Republik Indonesia 1950 (UUDS 1950). Masa ini berlangsung dari 17 Agustus 1945 - 5 Juli 1959. Saat itu Indonesia berbentuk Negar Serikat. Dengan dibagi menjadi tiga negara bagian, yaitu : Negara Republik Indonesia, Negara Indonesia Timur, Negara Sumatera timur, dengan perjanjian pada tanggal 17 Agustus 1950 tepat 5 tahun setelah kemerdekaan Indonesia.

Perjanjian tersebut mengembalikan Indonesia sebagai Negara Kesatuan. Dengan UUD Republik Indonesia 1950 sebagai konstitusinya. Sejak 1950-1959 Indonesia menganut Sistem Kabinet Parlementer dengan demokrasi Liberal Semu (Setengah-setengah).

Sistem Kabinet Parlementer berakhir tanggal 5 Juli 1959 setelah dikeluarkannya Dekrit Presiden dengan UUD 1945 kembali digunakan menggunakan Sistem Pemerintahan Demokrasi Terpimpin.

Sistem Pemerintahan Indonesia - Masa Orde Baru (Suharto)
Suharto : Pye? Enak jamanku too
Illustrasi Suharto
Istilah "Orde Baru" digunakan untuk memisahkan masa kempimpian Sukarno (Orde Lama). Orde Baru adalah masa dimana Suharto memulai kekuasaanya. Era ini digunakan untuk menandai keberhasilan Suharto menumpas Pemberontakan PKI pada 1965 atau sering disebut G30S/PKI.

Pada masa ini, awalnya Demokrasi di Indonesia mengalami kemajuan yang cukup signifikan. Tetapi perkembangannya, kehidupan di era Orde Baru ini tidak jauh berbeda dengan era sebelumnya. Sistem Pemerintahan Presidensial lebih ditonjolkan. Atau bisa dikatakan kekuasaan diktator. Kemudian Demokrasi Pancasila yang dicetuskan pada masa ini.

Sistem Pemerintahan Indonesia Era Reformasi
Foto : Pendudukan Demonstran di Gedung DPR-MPR
Foto : Pendudukan Demonstran di Gedung DPR-MPR
Era ini menandakan runtuhnya hegemoni kekuasaan Suharto tahun 1998 hingga sekarang.Di era ini Indonesia membuat revolusi besar-besaran di sistem pemerintahannya. Dengan sistem pemerintahan yang lebih terbuka diharapkan peranan demokrasi lebih ditonjolkan.

wdcfawqafwef